Minggu, 08 April 2012

Pantai Penyabong


Jika mendengar “Wisata Belitung”, tentunya kita akan ingat film Laskar Pelangi dengan sejuta pesonanya. Hampir semua biro travel ke Belitung menawarkan paket napak tilas Laskar Pelangi, yakni mengunjungi berbagai lokasi shooting film Laskar Pelangi. Tapi sebenarnya, masih banyak tempat menarik yang belum dieksplor dalam film tersebut, salah satunya adalah Pantai Penyabong di Membalong, Belitung Selatan. Pantai Penyabong memang belum dikelola selengkap pantai-pantai lain di wilayah utara, namun keindahan dan keasrian pantai yang ditawarkannya sangat luar biasa.

Untuk mencapai Pantai Penyabong, kita bisa menggunakan mobil atau motor, jalanan yang ditempuh relatif bagus. Dari Tanjung Pandan ke Membalong memakan waktu sekitar dua jam. Sepanjang perjalanan kita akan melihat dataran berumput, kawasan pertambangan, serta danau kaolin yang menarik perhatian fotografer.

*danau kaolin


Seperti halnya pantai lain di Belitung, Pantai Penyabong didominasi oleh batu-batu granit raksasa. Ada beberapa yang sangat besar, bahkan lebih besar daripada rumah bertingkat. Namun keunikannya, batu-batu granis raksasa itu berjejer rapi dari pinggir pantai sampai ke tengah laut, membentuk pemecah ombak alami. Jika kita berdiri di ujung deretan batu-batu granit tersebut, kita akan merasa berada di tengah laut. Antara satu deretan baru dengan deretan lain terbentuk semacam teluk dengan pasir putih yang bersih dan asyik dipakai berenang. Jika beruntung, kita bisa melihat ikan-ikan seukuran jari kelingking sampai sebesar telapak tangan, berenang mengelilingi kita. Tapi meskipun berenang cukup dekat, namun ikan-ikan tersebut sulit ditangkap dengan tangan kosong.

Pantai Penyabong menawarkan petualangan tersendiri bagi penikmat backpacking. Kita bisa mendirikan tenda di bawah pepohanan rimbun di sekitar pantai, dan makan di atas batu granit sambil ngaso. Ada warung yang menjual kelapa atau air mineral sehingga kita tidak perlu khawatir kehabisan makan. Penduduk sekitar juga menyediakan tempat pembuangan sampah sehingga kebersihan lingkungan tetap terjaga. Sayangnya, fasilitas seperti kamar mandi masih sangat minim; tapi kita bisa meminjam toilet milik pemilik warung.

Bagi saya pribadi, Pantai Penyabong memberikan suasana khas yang tidak diberikan oleh pantai-pantai lain di Belitung. Berikut ini saya tampilkan foto-foto di pantai tersebut sewaktu saya mengunjungi Belitung awal tahun ini.

* Serasa di tengah laut...

* Terlihat kerdil di atas batu granit raksasa


* salah satu teluk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar