Senin, 06 Agustus 2012

Melanie Amaro : Don't Fail Me Now

Setelah menunggu selama lebih dari setengah tahun, akhirnya sang pemenang X-Factor USA Season 1 Melanie Amaro, merilis album debut dengan single pertamanya : "Don't Fail Me Now".


Sebelum masuk dalam review Don't Fail Me Now, saya ingin sedikit flash back sedikit tentang Melanie. Melanie Amaro adalah salah seorang peserta X-Factor USA yang tampil mengesankan pada audisinya dengan menyanyikan Listen dari Beyonce. Keempat juri memberikan vote "yes" tanpa ragu. Tapi gebrakan di panggung audisi tidak membuat perjalanan Melanie dalam X-Factor mulus. Dia tereliminasi pada tahap Judge's House, sebelum akhirnya Simon Cowell membawanya kembali (semacam wild card) ke dalam kompetisi.


Penampilan Melanie saat audisi X-Factor USA

Sepanjang kompetisi X-Factor, Melanie tampil mempersona saat menyanyikan lagu-lagu ballad seperti I Have Nothing dan Hero, atau musik bernuansa R&B seperti The World's Greatest dan I Believe I Can Fly. Dia juga pernah membuat terobosan unik dengan menyanyikan lagu Someone Like You yang diarasemen dengan musik dance. Walaupun demikian, Melanie membuktikan bahwa dia adalah penyanyi yang berkualitas dan disukai pemirsa USA dengan lolos ke final tanpa pernah berada di urutan tiga terbawah.



Kembali ke lagu Don't Fail Me Now... single debut ini cukup mengejutkan karena saya pikir Melanie akan mengeluarkan lagu bernuansa ballad atau R&B sebagaimana penampilannya sepanjang X-Factor. Don't Fail Me Now merupakan lagu pop-dance dengan sentuhan autotune yang membuat suara Melanie terasa  "pangling". Aransemen yang ditawarkan pun tidak terlalu khas, malahan mirip We Found Love dari Rihanna. Pilihan ini membuat single Don't Fail Me Now memasuki streaming musik masa kini, namun menghapus image Melanie yang dibangun selama X-Factor. Suara emas Melanie pun tidak terdengar maksimal dalam lagu ini.

Saya pernah dengar dari seorang teman yang bekerja di bidang entertainment, dia berkata untuk eksis dalam industri musik, kita harus bersedia untuk terseret arus - minimal saat memperkenalkan diri pada publik. Memang, ada beberapa artis yang dikenal justru karena melawan arus - tapi taruhannya pun banyak. Sayang sekali Melanie harus mengikuti pola streaming ini, padahal saya yakin Melanie mempunyai fans yang tidak sedikit dan selalu mendukung Melanie meskipun dia menyanyikan lagu-lagu di luar arus musik masa kini.

Di luar semua itu, saya sangat suka dengan lirik lagu Don't Fail Me Now. Lirik lagu ini seolah mewakiliki perasaan Melanie yang berjuang keras dalam X-Factor dan kini tampil di hadapan publik sebagai seorang profesional. Melalui lirik lagu ini, Melanie seolah sedang berdialog dengan penggemarnya. Oleh karena itu, sebagai seorang fans, saya tetap antusias mendengarkan Don't Fail Me Now. Saya berharap semoga ke depannya Melanie dapat memproduksi lagu yang lebih bisa menonjolkan karakter, kelebihan, dan kesederhanaannya, meskipun harus melawan arus.


I've walked the longest road,
So don't fail me now, feet don't fail me now
I've never got this close
So don't fail me now, feet don't fail me now
I see you in the distance
It won't be long before you're mine
I've never got this close
So don't fail me now, feet don't fail me now

Melanie Amaro, Don't Fail Me Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar